Beranda Nasional Negara Siapkan Bantuan, Menko PMK Minta WNI di LN Bertahan

Negara Siapkan Bantuan, Menko PMK Minta WNI di LN Bertahan

Jakarta – Menko PMK Muhadjir Effendy berharap warga negara Indonesia yang berada luar negeri untuk tidak kembali selama wabah virus corona (covid-19) masih terjadi di Tanah Air.

Muhadjir juga menegaskan hingga saat ini pemerintah tak memiliki rencana untuk memulangkan para WNI tersebut. Namun Muhadjir memastikan pemerintah memantau kebutuhan para WNI selama di negeri orang.

“Kepulangan mereka sifatnya sukarela, kita enggak punya program memulangkan mereka, bahkan kita harapkan mereka enggak usah pulang. Jadi tidak perlu pulang jika di sana masih nyaman dan tidak ada mudarat, sebaiknya bertahan di sana,” ujar Muhadjir dalam jumpa pers melalui siaran langsung di akun Instagram Sekretariat Kabinet, Selasa (31/3).

Muhadjir mengatakan, saat ini pemerintah berencana memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada WNI di luar negeri, khususnya yang berada di Malaysia.

Pemberian bantuan ini, kata dia, diprioritaskan pada WNI yang berprofesi sebagai pekerja migran dan terdampak kebijakan Movement Control Order (MCO) atau pembatasan dari pemerintah Malaysia imbas dari wabah covid-19.

Nantinya, lanjut Muhadjir, pengiriman bantuan akan menggunakan fasilitas transportasi dari polisi/TNI dan bekerja sama dengan pasukan tentara Malaysia.

“Pak Presiden sudah memberikan arah, menyetujui kita akan kirimkan bantuan sosial ke WNI di Malaysia, terutama bagi mereka pekerja harian buruh yang terdampak kebijakan MCO. Kita kirim sembako dan bantuan kebutuhan pokok lain,” katanya.

Ia menegaskan agar WNI yang masih berada di luar negeri tetap tinggal demi jaminan perlindungan kesehatan warga yang ada di dalam negeri.

“Sesuai pesan Pak Presiden tugas kita menjaga keselamatan WNI baik di dalam negeri maupun di luar negeri, kalau yang di luar negeri masih aman sebaiknya di sana dulu, tidak usah pulang,” jelasnya. (mb/cnn indonesia)

Must Read

Saat Sri Mulyani Sampaikan Pesan Lewat Video Pass The Paper

JAKARTA, - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati punya cara tersendiri menyampaikan pesan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.Lewat akun Instagram pribadinya @smindrawati, perempuan yang...

Peduli Covid-19, Bank Jateng Berikan Ribuan Masker

Alreinamedia, Batang - Melihat kebutuhan masker yang terus bertambah, membuat Bank Jateng berinisiatif untuk memberikan ribuan masker kepada warga Batang, melalui Gugus Tugas Penanganan...

Enam Puskesmas di Cilacap Terima Ambulans Khusus Covid-19

Cilacap,  - Untuk menunjang percepatan penanganan Covid-19 (corona), Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kesehatan menyerahkan kendaraan ambulans khusus Covid-19 kepada 6 Puskesmas yaitu, Puskesmas...

Positif Covid-19 di Indonesia Meningkat jadi 4.241 Kasus

Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia hingga Minggu, 12 April, tercatat sebanyak 4.241...

Panglima TNI Mutasi Jabatan 329 Perwira Tinggi

Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan...